Makalah Final Project Pemograman Python

MAKALAH

FINAL PROJECT PEMOGRAMAN PYTHON

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Dasar Pemograman

Dosen: …

Disusu Oleh : …

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul “Distro Branded” ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas bu Anna,S.Kom,M.kom pada bidang mata kuliah Dasar Pemogramanan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu , selaku dosen mata kuliah Dasar Pemograman yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR    2

DAFTAR ISI        3

BAB I         4

PENDAHULUAN 4

1.1. Konsep Dasar Pemograman (Python) 4

1.2. Maksud dan Tujuan        4

1.3. Ruang Lingkup     4

BAB II        5

PEMBAHASAN  5

2.1. Studi Kasus 5

2.2. Tampilan Masukkan (Input)     6

2.3. Tampilan Keluaran (Output)     7

2.4. Ketentuan Soal Studi Kasus      8

BAB III       11

PENUTUP  11

3.1. Kesimpulan 11

DAFTAR REFERENSI  12

LAMPIRAN         13

A1. Dokumentasi (Online)     13

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.    Konsep Dasar Pemograman (Python)

Python merupakan bahasa pemrograman yang freeware atau perangkat bebas dalam arti sebenarnya, tidak ada batasan dalam penyalinannya atau mendistribusikannya. Lengkap dengan source codenya, debugger dan profiler, antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka, fungsi sistem, GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya.

1.2.    Maksud dan Tujuan

Python amat sangat mudah untuk dibaca. Sebagai interpreted language (bahasa pemrograman yang tidak perlu dikompilasi), Python tidak mengubah kodenya untuk menjadi terbaca oleh komputer. Bahasa ini juga merupakan bahasa pemrograman tujuan umum tingkat tinggi. Para pengembang mendesainnya untuk menjadi bunglon dari dunia pemrograman.

Selain itu, Python bertujuan untuk menghasilkan kode yang lebih jelas dan lebih logis tidak hanya untuk proyek skala kecil tetapi juga untuk yang lebih besar.

1.3.    Ruang Lingkup

Bahasa Pemograman Python memiliki banyak ruag lingkup yang luas yang dapat digunakan salah satunya adalah bahas python sering digunakan untuk mengelolah data-data penelitian maupun pembuatan AI dan ML.

Selain itu dengan menggunakan bahas python juga dapat membuat atau mengembangkan website, membuat bot, membuat program berbasis GUI dan masih banyak lagi.

Python memiliki banyak sekali library didalamnya yang memungkinkan orang-orang untuk membuat program hanya dengan memanggil fungsi library.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1.    Studi Kasus

Untuk membantu usaha distro dalam hal keuangan, terutama dalam hal Pembelian atau pesanan. Disini saya membuat sebuah program kasir sederhana menggunakan bahasa program Python untuk dapat membantu para pengusaha distro.

Aplikasi yang saya buat ini sudah dirancang sedemikian rupa seperti aplikasi kasir pada umumnya.

Lalu program saya dapat mencetak struk data pembelian seperti aplikasi pada umumnya.

Dengan aplikasi sederhana ini saya harap dapat membantu para usaha distro. Dan dengan ini para distro tidak perlu secara manual lagi dalam perhitungannya.

2.2.      Tampilan Masukkan (Input)

Berikut ini adalah tampilan input program kasir menggunakan bahasa pythoPada gambar diatas adalah hasil input program kasir dan juga menampilkan daftar barang distro  disertai dengan harga setiap masing-masing pilihan yang ada.

2.3.      Tampilan Keluaran (Output)

Berikut ini adalah tampilan output program kasir menggunakan bahasa python.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas pada saat mengisi input masukkan dan pada sampai tahap pencetakkan struk maka akan menampilkan struk secara detail nama barang yang dipesan.

2.4.      Ketentuan Soal Studi Kasus

Ketentuan program yang saya buat adalah :

  • Jika bayar lebih dari 300.000 maka mendapat diskon 10%
  • Jika bayar kurang dari 300.000 maka tidak mendapatkan diskon.

PENUTUP

3.1.      Kesimpulan

Dari hasil program yang saya buat, saya rasa progam kasir yang saya buat sudah bisa dibilang hampir mirip dengan program kasir pada umumnya. Untuk alur progam sendiri sudah dirancang sedemikian rupa dan untuk pengguna hanya perlu menginput data-data pesanan saja.

Hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan yang mungkin akan saya atasi dan perbarui program tersebut.

Untuk kedepannya, program aplikasi kasir yang saya buat dapat terus saya kembangkan menjadi lebih sempurnah dengan menambahkan beberapa fitur menarik lainnya.

Dengan dibuatnya aplikasi kasir sederhana ini saya harap juga nantinya bisa digunakan oleh para pedagang distro.

DAFTAR REFERENSI

https://zakkymuhammad.com/blog/1-python-konsep-dasar-apa-itu-bahasa-pemrograman-python/

https://id.bitdegree.org/tutorial/kegunaan-python/

LAMPIRAN

A1.      Dokumentasi (Online)

Leave a Comment

Your email address will not be published.