Tugas Pertemuan 4 PTIK Semester 1 BSI

Tugas Pertemuan 4 Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi Semester 1 BSI

1. Apa keterkaitan antara big data dengan kecerdasan buatan?
2. Apa saja peranan kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia?
3. Apa dampak negatif dari pengembangan kecerdasan buatan jika tidak dibatasi pengembangan dan penggunaannya untuk bidang-bidang tertentu, seperti misalnya persenjataan dan kesehatan?
4. Konsep Kecerdasan buatan telah dicetuskan dari tahun 1956 oleh professor McCarthy, lalu mengapa kecerdasan buatan justru baru melejit pada era saat ini?
5. Apa perbedaan antara Computer Science, Artificial Intelligent, Machine Learning, Deep Learning dan Data Science?

Jawab

1. Big data dan kecerdasan buatan merupakan dua hal yang mengemuka dalam industri 4.0 . Pada era saat ini ketersediaan data sudah sudah begitu besar, sehingga big data ini sangat mendukung dalam pengembangan kecerdasan buatan.
2. Kecerdasan buatan dapat membantu menyelesaikan hal lebih banyak dalam rentan waktu yang lebih singkat dan mengambil alih pekerjaan pekerjaan yang bersifat repetitif (berulang), sementara manusia dapat menyelesaikan strategi pekerja dan bagaimana merelasikannya.
3. Dampak negatif nya yaitu sempit nya lapangan kerja karena tenaga manusia bisa tergantikan oleh AI, Sehingga angka pengangguran akan semakin besar.
4. Karena Kecerdasan Buatan dapat terus dikembangkan, yang paling utama adalah bagaimana manusia menciptakan teknologi yang mampu berpikir seperti manusia itu sendiri.
5.
a. Computer Science : Sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk teknologi komputer, mulai dari hardware dan software komputer. Dalam penerapannya ilmu komputer sendiri menitik beratkan pada materi-materi yang berhubungan dengan pemograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak komputer. Sedangkan teknik komputer cenderung lebih menekankan pada pembelajaran mengenai perangkat keras komputer dan jaringan.
b. Artificial Intelligent : Kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.
c. Machine Learning : Cabang aplikasi dari AI (Kecerdasan Buatan) yang fokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar “sendiri” tanpa harus berulang kali di program oleh manusia.
d. Deep Learning : Cabang dari Machine Learning yang berbasis jaringan syarat tiruan dengan banyak dengan hidden layers yang memiliki kemampuan untuk mempelajari presentasi atau fitur data secara otomatis.
e. Data Science : Salah satu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari soal data terutama data kuantitatif atau data numerik. Fokus utamanya adalah mengekstrak dan memfilter data untuk menghasilkan produk data yang sebenar-benarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.