Dialog Transformasi Desa Digital bersama TVRI Provinsi Kalimantan Barat & Gradasi Kal-Bar

Dialog Transformasi Desa Digital bersama TVRI Provinsi Kalimantan Barat & Gradasi Kal-Bar – Relawan TIK Kalimantan Barat dan Gradasi Kalimantan Barat berkunjung ke TVRI Provinsi Kalimantan Barat untuk Berdialog tentang Transformasi Desa Digital. (Kamis,12-Mei-2022).

Ketua Relawan TIK Kalimantan Barat, Ferianto,S.Hut dan Ketua Gradasi Kalimantan Barat Sarfandi,S.Pd bersama Rekan TVRI Provinsi Kalimantan Barat membahas tentang Transformasi Desa Digital, yang dimana Kemajuan Teknologi di Desa-desa Kalimantan Barat kurang update (kudet) mengenai dunia digital sekarang ini. Oleh karena itu Relawan TIK Kalimantan Barat bersama Gradasi Kalimantan Barat ingin memajukan Desa-desa yang ada di Kalimantan Barat melalui kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan perkembangan di era digital saat ini.

Transformasi Desa Digital

“Desa yang pintar akan mendukung kota/kabupaten yang pintar. Kota/kabupaten yang pintar akan mendukung provinsi yang pintar. Provinsi yang pintar akan mendukung negara yang pintar. Seperti itu flow–nya, ujar Koordinator Penyusunan Masterplan Smart City Direktorat LAIP, Dwi Elfrida Simanungkalit.

Oleh karena itu, dalam mewujudkan desa yang pintar, Kemkominfo melalui Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan (LAIP) mempunyai program Desa Digital. Program ini, akan memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada operator dan pemerintah desa untuk sudah mulai memberikan layanan-layanan secara online. Seperti halnya tata pemerintahan ataupun sistem informasi yang kini perlu ditingkatkan dengan mulai memanfaatkan TIK, sehingga dapat dilakukan dan dimonitor secara online.

Relawan TIK

Sejak tahun 2008, Kemkominfo, sudah berpikir bahwa untuk mencapai Visi Masyarakat Informasi Indonesia, pemerintah tidak dapat berjalan sendirian. Perlu dibangun sinergi di antara para pemangku kepentingan.

Pada tahun 2011, Ibu Mariam F. Barata sebagai Direktur Pemberdayaan Informatika Kemkominfo, melanjutkan kebijakan untuk mendorong diadakannya pertemuan yang lebih besar dalam bentuk Forum Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi Dan Kerjasama Komunitas TIK (FK5T) Tingkat Nasional sekaligus penetapan pembentukan organisasi Relawan TIK. Akhirnya, pada tanggal 4 Juli 2011, dengan disaksikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Bpk Ashwin Sasongko, ditetapkan pembentukan organisasi Relawan TIK Indonesia.

  • Visi dan Misi

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/ penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Untuk mencapai tujuan dan mewujudkan visi tersebut, Relawan TIK Indonesia memiliki misi:
1. Menghimpun dan membina potensi Relawan TIK dalam satu wadah yang terorganisir, untuk mencapai efisiensi, manfaat dan efektivitas kegiatan secara optimal;
2. Mempersiapkan kader-kader Relawan TIK secara intelektual, pribadi dan sosial serta moral khususnya di bidang TIK sebagai unsur generasi  penerus pembangunan dan perjuangan bangsa;
3. Mengusahakan secara bersama-sama agar tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun kebijakan, landasan program dan rencana kegiatan yang sesuai dengan perkembangan teknologi guna ikut serta mengarahkan kemajuan masyarakat;
4. Menjalin koordinasi, kerjasama, kolaborasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan serta pihak lain dalam masyarakat, agar sinergis dan saling menguntungkan dalam mendayagunakan sumberdaya TIK untuk pembangunan berkelanjutan dengan keberpihakan jender, aksi afirmatif bagi minoritas, netral teknologi serta ramah lingkungan.

  • Produk dan Layanan

  1. Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat
  2. Organisasi dan Keanggotaan
  3. Penguatan Kapasitas Relawan TIK
  4. Membangun Kemitraan
  • Konten

Website: https://relawantik.or.id/

Alamat: 

Telepon: 

Ketua : Fajar Eri Dianto

E-Mail :

Twitter dan Instagram :@relawantik

Sumber :

https://aptika.kominfo.go.id/2021/12/program-desa-digital-bantu-wujudkan-pemerintahan-pintar/

https://aptika.kominfo.go.id/2019/07/relawan-tik/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *