Podcast Desa Parit Baru : Sosialisasi Program Kerja Relawan Tik Provinsi Kalimantan Barat

Podcast Desa Parit Baru : Sosialisasi Program Kerja Relawan Tik Provinsi Kalimantan Barat – Pada Hari Rabu,25-Mei-2022 Ketua Relawan TIK Kalimantan Barat, Pak Ferianto,S.Hut dengan seorang Moderator Podcast Desa Parit, Mas Lutfhi Baru  membahas tentang Sosialisasi Program Kerja yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kubu Raya,Desa Parit Baru.

Desa Parit Baru

Desa Parit Baru merupakan Desa pemekaran dari Desa Sei Raya yang di pecah menjadi 3 desa yaitu Desa Sei Raya, Desa Sei Raya Dalam dan Desa Parit Baru. Desa Sei Raya lebih dahulu ditetapkan sebagai desa definitif dikarenakan tidak ada permasalahan tapal batas, sedangkan Desa Parit Baru proses pemekaran yang panjang dikarenakan masalah tapal batas yang belum terselesaikan, pada tanggal 30 Desember 2010 keluar keputusan Bupati nomor 379 tahun 2010 tentang penegasan batas Desa Sungai Raya dan Desa Parit Baru. Setelah beberapa bulan, tepatnya tanggal 7 April 2011 seluruh fraksi DPRD Kabupaten Kubu Raya menyetujui bahwa Desa Parit Baru disahkan menjadi Desa Parit Baru.

Sekarang Desa Parit Baru berkembang dengan pesat baik di sektor bidang ekonomi dan di sektor bidang lainnya. Di Desa Parit Baru penduduknya juga lumayan ramai, oleh karena itu sangat cocok bagi Relawan TIK Kalimantan Barat untuk berdedikasi di Desa Kuala Dua.

Kegiatan Relawan TIK Kalimantan Barat di Desa Parit Baru

Pada tanggal 25-Mei-2021, Relawan TIK Kalimantan Barat berkolaborasi bersama Pandu Digital membuat kegiatan Pemberdayaan PANDU DIGITAL dengan Tema “Transformasi Desa Digital Kalimantan Barat”. Kegiatan ini dilakukan bersama 15 Pandu Digital dan Serentak di 5 Desa/Kelurahan yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Kubu Raya. Desa Parit Baru termasuk kedalam 5 Desa pada kegiatan Pemberdayaan PANDU DIGITAL.

Relawan TIK Kalimantan Barat juga sering membuat kegiatan pelatihan berdedikasi atau berbagi ilmu di bidang teknologi seperti Pelatihan Microsoft Office Word,Power Point, dan Excel kepada masyarakat Kabupaten Kubu Raya dengan tujuan agar Masyarakat Kalimantan Barat mempunyai skill di bidang teknologi di era 4.0 pada saat ini. Adapun Visi dan Misi Relawan TIK, yaitu :

  • Visi dan Misi

Menjadikan Relawan TIK sebagai pribadi, sekaligus warga masyarakat unggulan, yang siap siaga mengemban misi sosial, kemasyarakatan dan kemanusiaan bagi pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan/ penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

Untuk mencapai tujuan dan mewujudkan visi tersebut, Relawan TIK Indonesia memiliki misi:
1. Menghimpun dan membina potensi Relawan TIK dalam satu wadah yang terorganisir, untuk mencapai efisiensi, manfaat dan efektivitas kegiatan secara optimal;
2. Mempersiapkan kader-kader Relawan TIK secara intelektual, pribadi dan sosial serta moral khususnya di bidang TIK sebagai unsur generasi  penerus pembangunan dan perjuangan bangsa;
3. Mengusahakan secara bersama-sama agar tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun kebijakan, landasan program dan rencana kegiatan yang sesuai dengan perkembangan teknologi guna ikut serta mengarahkan kemajuan masyarakat;
4. Menjalin koordinasi, kerjasama, kolaborasi dan komunikasi dengan para pemangku kepentingan serta pihak lain dalam masyarakat, agar sinergis dan saling menguntungkan dalam mendayagunakan sumberdaya TIK untuk pembangunan berkelanjutan dengan keberpihakan jender, aksi afirmatif bagi minoritas, netral teknologi serta ramah lingkungan.

  • Produk dan Layanan
  1. Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat
  2. Organisasi dan Keanggotaan
  3. Penguatan Kapasitas Relawan TIK
  4. Membangun Kemitraan.

Sumber :

https://paritbaru.desakkr.id/profil

https://aptika.kominfo.go.id/2019/07/relawan-tik/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *